Detail Berita

RAPAT KOORDINASI, INTEGRASI DAN SINKRONISASI PERENCANAAN BIDANG PEMERINTAHAN DAN PEMBANGUNAN MANUSIA

El Hotel Karangploso, Malang, 16 Maret 2021

Sebagaimana amanat Undang Undang Nomor 25 Tahun 25 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional bahwa perencanaan pembangunan disusun secara sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh, dan tanggap terhadap perubahan.
1.    Sistem Perencanaan Pembangunan bertujuan:
a.    mendukung koordinasi antar pelaku pembangunan; 
b.    menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik antar Daerah, antar ruang, antar waktu, antar fungsi pemerintah maupun antara Pusat dan Daerah;  
c.    menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan;  
d.    mengoptimalkan partisipasi masyarakat; dan 
e.    menjamin tercapainya penggunaan sumber daya secara efisien, efektif,  berkeadilan, dan berkelanjutan.
2.    Maksud Rapat Koordinasi sebagai upaya konsolidasi proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi guna menemukan harmonisasi, integrasi dan sinkronisasi perencanaan pembangunan dan penganggaran Kabupaten Malang lingkup bidang pemerintahan dan pembangunan manusia.
3.    Tujuan:
a.    Membahas isu-isu strategis yang berkembang serta permasalahan program-program prioritas perangkat daerah yang berdampak pada pencapaian tujuan pembangunan 5 tahunan maupun tahunan perangkat daerah yang pada saat ini dalam tahapan penyusunan rancangan awal Renstra 2021-2026 dan rancangan Renja tahun 2022. Adapun rancangan visi dan misi pembangunan tahun 2021-2026 sebagai berikut:
Rancangan Visi:
Terwujudnya Kabupaten Malang yang Bersatu, Berdaulat, Mandiri, Sejahtera dan Berkepribadian dengan Semangat Gotong Royong berdasarkan Pancasila dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia 
yang Bhineka Tunggal Ika
Rancangan Misi:
1)    Mewujudkan kesejahteraan rakyat, membangun sumber daya manusia unggul.
2)    Mewujudkan iklim kehidupan demokratis, tertib, dan agamis berlandaskan falsafah Pancasila.
3)    Mewujudkan inovasi pelayanan publik dan pembangunan kemandirian desa.
4)    Mewujudkan keluarga bahagia, mandiri dan sejahtera.
5)    Memperluas pemanfaatan potensi lingkungan hidup, pariwisata, seni budaya, industri kreatif dan investasi pembangunan berkelanjutan.
b.    Menginventarisasi permasalahan transisi penerapan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) sebagaimana Peraturaan Menteri Dalam Negeri Nomor 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pembangunan Daerah serta pasca diberlakukannya Permendagri tentang Klasifikasi, Kodefikasi, Dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan Dan Keuangan Daerah yang sudah disesuaikan dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang pemutakhiran permendagri 90 tahun 2019.
c.    Mendapatkan umpan balik terkait proses perencanaan dan penganggaran, permasalahan dan pencapaian program-program prioritas serta target sasaran pembangunan dari perangkat daerah untuk dijadikan sebagai salah satu bahan pengambilan kebijakan periode berikutnya.
d.    Berikut sebagian beberapa isu strategis dan diperkirakan pada tahun mendatang masih menjadi fokus perhatian:
•    Penanganan COVID 19 dan Vaksinasi COVID serta perlindungan sosial.
•    Percepatan penyediaan sarana dan prasarana layanan publik dalam rangka meningkatkan kesempatan kerja, mengurangi kemiskinan dan mengurangi kesenjangan pembangunan sumber daya manusia dukungan pendidikan. 
•    Tingkat kemiskinan meningkat dari 9,47 tahun 2019 menjadi 10,15 pada tahun 2020 dengan jumlah penduduk miskin pada tahun 2019 sebanyak 246 600 jiwa meningkat menjadi 265 560 jiwa pada tahun 2020.
•    Penurunan Angka Kematian Ibu/Angka Kematian Bayi serta penanganan penyakit menular dan tidak menular 
•    Penanganan stunting pada balita dan perbakan gizi, menjadi salah satu syarat dalam pencairan DAK tahun 2021 adalah penentuan lokasi stunting, disamping itu menjadi syarat dalam skema pencarian Dana Desa.
•    Peningkatan pelayanan administrasi kependudukan untuk wilayah terpencil.
•    Meningkatkan inovasi daerah sebagai upaya mewujudkan daya saing dan daya tahan daerah ditengah pandemi covid 19.

Berita Lain